Keindahan Gunung Rinjani

KOTA LOMBOK, menjadi patokan apa­bila kita ingin mendaki gu­nung Rinjani. Gunung de­ngan elevasi di bawah 4000-an meter di atas permukaan laut itu sangat terkenal di kala­ngan para pendaki, khususnya pen­daki pemula.

Selain terkenal de­ngan kein­dahan struktur alamnya, gunung ini juga memiliki Danau di atas puncak.
Perjalanan dapat kita awali dari Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, atau Terminal Lebak bulus. Lalu dengan me­num­pang bus antarkota kita me­nuju Terminal Surabaya yang ditempuh kurang lebih dalam waktu 1 hari perjalanan. Dari Terminal Surabaya ini kita sambung dengan Kapal laut menujuh Bali dan lalu menujuh Lombok, sesudah sampai di Lombok naik Angkot menujuh gunung Rinjani.
Dari sini pun kita harus menum­pang ojek atau kendaraan bak terbuka menuju pos pendakian. Mendaftarkan diri adalah hal pertama yang harus kita lakukan, yaitu dengan menyerahkan foto copy KTP beserta uang masuk se­besar 4000  rupiah.

Kita tak perlu pusing-pusing bi­la kita ingin sarapan atau  istirahat karena di sekitar pos ini ba­nyak warung yang menyediakan. Apalagi pada saat liburan seko­lah. Dengan mengeluarkan kocek secukupnya kita dapat memuas­kan hasrat perut ini.

Pendakian ada baiknya dimulai pada pagi hari sekitar pukul 5.00 WIB, hal ini untuk memudahkan kita menikmati keindahan alam liar Gunung Rinjani. Setelah melaporkan diri, dan memper­siap­kan segala persediaan maka­nan kita menelusuri jalur penda­kian melewati sisi Sungai.

Tak usah mengkhawatirkan persediaan air, gunung ini akan menyediakannya. Ada sebuah sungai pada alun-alun pertama dan parit mata air pada alun-alun kedua, yang letaknya di bawah puncak Rinjani

Dalam waktu 2 jam kita akan sampai pada alun-alun pertama, dan dengan sedikit istirahat kita melanjutkan per­ja­lanan menuju alun-alun kedua.

Alun-alun yang disebut terak­hir ini boleh dibilang masih Alami karena jarang tersentuh ma­nusia. Ini dibuktikan dengan ber­sihnya lokasi dari sampah dan masih rimbunnya padang Eldel­weis yang luasnya mencapai pu­lu­han are itu.

Untuk men­capai ke sana, kita harus terlebih dahulu melewati Air terjun Renjani yang sangat bagus.

karena lebatnya pepo­honan, sangat me­nyulitkan pen­daki memilih jalur yang benar. Dari lokasi alun-alun pertama alun-alun ini dapat di­tem­puh dalam waktu 3-4 jam saja.

Untuk turun, ada dua alternatif jalur yang dapat ditempuh yaitu kembali lewat jalur semula atau jalur baru menuju sebelah utara Rinjani Masing-masing memakan waktu 4 jam dan 7 jam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s